Neni Ikuti Pelas Benua, Hari Ini Erau Guntung Dimulai

Wali Kota Bontang mengikuti prosesi Erau Pelas Benua. Prosesi adat ini menjadi ritual wajib yang dilaksanakan sebelum dimulainya Erau Pelas Benua, Selasa 25 September 2018.

Bepelas Benua berarti bersih-bersih kampung. Tujuannya agar Bontang bersih dari hal-hal gaib mupun wujud yang bisa menyebabkan mara bahaya bagi masyarakat Kota Taman.

Prosesi adat ini bermula dari panggung adat Kutai di Kelurahan Guntung, ke Areal pabrik Pupuk Kaltim, ke Pelabuhan Lok Tuan dan ke rumah jabatan Wali Kota Bontang serta Rumah Jabatan Wakil Wali Kota ini.

Ritual ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni. Kata dia, salah satu ritual adat Kutai yang tentunya harus dilestarikan karena merupakan salah satu budaya kearifan lokal. “Bepelas Benua ini dilaksanakan sehari sebelum Erau Pelas Benua Guntung dimulai. Selain untuk bersih-bersih kampong, ritual ini juga salah satu upaya memperkenalkan atau menyampaikan kepada seluruh masyarakat Bontang, bahwa Erau Pelas Benua Guntung akan kembali digelar, yang akan dimulai pada 25 September 2018 ,” ungkapnya.
Lebih lanjut Neni Moerniaeni mengajak seluruh lapisan masyarakat Bontang untuk bersama-sama memeriahkan pagelaran Erau Pelas Benua. Dengan menyaksikan langsung setiap kegiatan adat maupun berbagai perlombaan tradisional lainnya. Dirinya menjamin setiap perlombaan yang diadakan pada Erau tahun 2018 ini sangat menarik untuk disaksikan…..Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *