Halal Bi Halal Keroan Kutai Guntung

Kegiatan halal bi halal kerap dilakukan di Indonesia sesudah Idul Fitri guna bertemu satu sama lain dan menjalin silaturahmi. Tak hanya masyarakat umum, berbagai lembaga juga sering mengadakan kegiatan tersebut. Termasuk lembaga persatuan adat Keroan Kutai Guntung.

Halal bi halal Keroan Kutai dilaksanakan pada sabtu 14 juli 2018 pukul 08.30 wita s.d 12.00 wita. Kegiatan ini dihadiri oleh wali kota Bontang, dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG, Lurah Guntung, Hj. Ida Idris Marsono, SE, tokoh adat Keroan Kutai, mahasiswa KKN Unmul serta masyarakat Guntung.

Acara diawali dengan sambutan dari wali kota Bontang. Beliau menyampaikan bahwa Bontang harus menjadi kota yang mandiri dan memaksimalkan potensi industri rumahan. Terlebih lagi di kelurahan Guntung terdapat banyak industri pengolahan ikan asin, khususnya di Pulau Gusung.

Sambutan kedua diberikan oleh pak Ismail selaku ketua adat Keroan Kutai. Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustadz Yusrianto yang berisikan tentang pentingnya kebersamaan yang diibaratkan dengan kelima jari tangan.

Acara halal bi halal diakhiri dengan saling berjabat tangan dengan tamu undangan yang hadir dan makan bersama. Kegiatan ini diadakan di Rumah Adat Guntung dalam rangka mempererat rasa persatuan antar sesama masyarakat, khususnya di wilayah Guntung.

 

Penulis : Robiatul Adawiyah dan Apri Wivantari Netha Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *